Breaking News
Loading...
Sabtu, 22 Juni 2013

PROGRAM MENGHITUNG PENGGUNAAN AIR PDAM PASCAL

PROGRAM SEDERHANA DENGAN PASCAL - Hai kawan setia blog SEKOLAH KOMPUTER, saya akan sedikit membagi pengalaman saya dengan kalian semua nih. Tips saya ini berisi tentang logika if yang dipakai oleh pascal 7.1. Logika IF adalah logika yang sering muncul di setiap pemrograman entah itu VB, Pascal, C++ dan pemrograman java. Logika IF sering dipakai oleh para programmer untuk menyelesaikan beberapa bentuk logika, contohnya seperti ini :

Kita misalnya mempunyai soal seperti berikut ini :
  1. Kita disuruh membuat program penghitungan pemakaian air PDAM
  2. Banyaknya pemakaian dirumuskan dengan angka meter sekarang - meter dahulu
  3. Jika pemakaian melebihi 10 maka terdapat 2 perhitungan :
    1. Perhitungan pertama yaitu meter 10
    2. Perhitungan kedua selebihnya meter pertama
  4. Harga ditentukan dengan :
    1. Meter pertama berharga 1000 dikali banyak pemakaian meter pertama
    2. Meter kedua berharga 1500 dikali banyak pemakaian meter kedua
  5. Diskon diberikan kepada pemakai dengan jumlah pemakain hanya kurang dari 20, dengan ketentuan 5% dari jumlah harga pemakain.
Dengan soal di atas ada banyak penyelesaian dengan menggunakan program pascal di antaranya adalah sebagai berikut ini source code nya atau karena kita cinta bahasa indonesia maka kode sumbernya walau aga tidak enak kalu didengar di telinga.








PROGRAM COBA; USES CRT; VAR MSKG, MDLU, JPK, PKOK, LBIH : INTEGER; BYR1, BYR2, JUMLAH, DISKON, TOTAL : REAL; BEGIN CLRSCR; WRITELN('===============(INPUT)=================='); WRITE('METER SEKARANG : ');READLN(MSKG); WRITE('METER DULU : ');READLN(MDLU); WRITELN(' '); JPK:=MSKG-MDLU; IF JPK > 10 THEN PKOK:=10; LBIH:=JPK-PKOK; BYR1:=PKOK*1000; BYR2:=LBIH*1500; JUMLAH:=BYR1+BYR2; IF JPK<=20 THEN DISKON:=5/100*JUMLAH; TOTAL:=JUMLAH-DISKON; WRITELN('===============(OUTPUT)=================='); WRITELN('METER SEKARANG : ',MSKG); WRITELN('METER DULU : ',MDLU); WRITELN('JUMLAH PAKAI : ',JPK); WRITELN('JUMLAH AWAL : ',PKOK); WRITELN('JUMLAH LANJUT : ',LBIH); WRITELN('HARGA AWAL : ',BYR1:10:2); WRITELN('HARGA LANJUT : ',BYR2:10:2); WRITELN('JUMLAH HARGA : ',JUMLAH:10:2); WRITELN('DISKON : ',DISKON:10:2); WRITELN('TOTAL BAYAR : ',TOTAL:10:2); WRITELN('===============(******)=================='); READLN; END. Agar lebih mudah diedit, salin kode di atas pada notepad dan simpan dengan nama PDAM.PAS. jangan lupa untuk mengganti file tipe menjadi all files. Langkahnya adalah save as -> save as type : diganti dengan all files, name : PDAM.PAS.
Untuk menjalankan program yang baru disimpan buka pascal anda dan pada menu file -> change dir : pilih direktori dimana anda menyimpan file tadi, kemudian file ->; open pilih PDAM.PAS
Baru dijalankan programnya dengan di run.
Tampilan program

Jika ingin memakai program aslinya download di sini
Terima kasih sudah berkunjung di SEKOLAH KOMPUTER, jangan lupa besok kembali lagi yaa...

Keyword :
Program Sederhana dengan Pascal, Program Sederhana dengan Pascal 7.1, Program dengan Pascal 7.1, Program Sederhana Pascal, Program Sederhana Pascal 7.1, Program PDAM Sederhana Pascal, Program PDAM Sederhana Pascal 7.1

0 komentar :

Posting Komentar

 
Toggle Footer